Jumat, 20 Juli 2012

Puasa Meningkatkan Kwalitas dan Kuantitas Habluminallah dan habluminanas (Kultum I)

Ibadah puasa sebagai panggilan kewajiban kepada orang - orang beriman mempunyai nilai dampak positif yang amat luas bagi peningkatan kuantitas serta kwalitas ibadah-ibadah yang lainnya.
Sehingga di bulan puasa ini amatlah mungkin lebih mudah untuk mengkondisikan lingkungan atau komunitas yang berkehidupan lebih agamis, lebih religius.

Tujuan yang sama diantara umat mukmin yaitu menjadi hamba yang bertaqwa sesuai perintah Allah Ta'ala dalam QS: 2 ayat 183 menjadikan semuanya mempunyai pandangan yang sama, yaitu mencari ridollahi.

Selain hal tersebut diatas puasa juga mengajarkan kepada kita untuk senantiasa meningkatkan kesadaran dalam berhubungan, baik itu hubungan secara vertikal (Habluminallah) maupun hubungan secara horisontal (habluminanas).

Peningkatan kesadaran dalam berhabluminnalh bisa kita lihat bagaimana usaha semaksimal dan seoptimal mungkin yang diusahakan para mukminin, bersholat sunah (qiyamulail), bertilawah Qur'an, ataupun bersedekah.

Sementara untuk hubungan horisontal kita dilatih untuk bisa meningkatkan rasa simpati bahkan berempati terhadap lingkungan sekitar kita.
Dengan lapar, haus kita bisa merasakan bagaimana perjuangan orang-orang yang kebetulan bernasib kurang baik.
Dengan menjaga Lisan dan Hati didiajarkan untuk senantiasa dapat mengendalikan hawa nafsu.

Mari dari waktu ke waktu kita senantiasa usahakan peningkatan kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, terlebih lagi di sahrul mubarok ini.
Di bulan yang setiap situasi dan kondisinya sudah terkondisikan untuk memudahkan dalam pencapaian peningkatan ketaqwaan dan keimanan.

Akhirnya selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan baik sebagai Takmir, Kepala Keluarga maupun Pribadi.

Qoulihada wastagfirullahaladzim.
Wallahuaklam bisab.

0 komentar: