Jumat, 06 Juli 2012

17 ' an yang Merepotkan

Suer...deh, sekarang ini aku lupa sudah peringatan Tahun Kemerdekaan keberapa tahun ini. Tapi yang jelas rutinitas peringatan tujuh belasan dikampungku aga' sedikit merepotkan dan banyak menyita waktu dan tenaga setiap warga.

Bisa dibayangkan (jangan ngalamun lho...), Peringatan HUTRI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus sudah harus di mulai di bulan Juni. Berbagai macam lomba sudah digelar (maaf ini bukan jajanan pasar) meskipun menurut pengamatanku kalau mau jujur sebenarnya warga sudah kehilangan antusiasme dalam mengikuti Pagelaran ini. Selain juga model peringatan yang kehilangan moment bagaimana tidak lha..wong peringatannya saja di bulan Agustus tapi sudah dimulai dua bulan sebelumnya tentu saja saat tiba tanggal mainnya sudah bosan/jenuh terlebih dahulu karena kegiatan-kegiatan yang padat sebelumnya tersebut.

Kerja Bakti sudah menjadi suatu yang wajib yang harus diikuti (meskipun tidak ada aturan yang dapat menghukum kalau tidak berangkat).

Semua lingkungan di bersihkan, dicat dan ditata rapi sedemikian rupa terutama sekitar jalan gang dan selokan untuk menyambut Lomba K3. Seperti halnya malam ini (saat tulisan ini aku buat) kerja bakti untuk hal-hal sebagaimana aku sebutkan diatas dilaksanakan ba'da isya sampai larut malam sekitar pukul 01 dini hari (temanya begadang men).
Bahkan tidak hanya semalam dua malam terus dilaksanakan sampai dirasa cukup layak guna mengikuti perlombaan bidang kebersihan.

Sudah sedemikian sakralkah peringatan HUTRI ini sehingga menjadi suatu yang merepotkan (pembaca yang mengalami juga, pasti menganggukan kepala ...iya...khan).

0 komentar: