Selasa, 17 Juli 2012

Peka Terhadap Lingkungan Di Sekitar Kita

Tentu saja bukan sebuah pilihan (kalau tidak boleh dibilang harus dihindari) untuk tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi apalagi untuk bisa mengenyam pendidikan di SLTA. Sebuah ironi memang ditengah semua orang meneriakan untuk berusaha sebisa mungkin bagi anak usia sekolah tetap sekolah namun ditengah-tengah kami (dilingkungan Perumahan) masih ada yang mengalami harus putus sekolah meskipun untuk melanjutkan ke SLTA. Setidaknya untuk langsung melanjutkan ke SLTA meski orang tua si anak masih sangat menyimpan harapan agar setahun kedepan dapat membiayai putranya untuk melanjutkan sekolah.

Pada kenyataannya memang faktor pendidikan orang tua juga mempengaruhi dalam meningkatkan daya juang usahanya untuk dapat menyekolahkan anaknya, selain juga faktor ekonomi.

Orang tua yang sadar akan pentingnya arti sebuah pendidikan untuk kesejahteraan pastilah akan sudah mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelum tiba waktu sang anak harus masuk kedalam sebuah sekolah. Dengan menabung , mengangsuransikan atau ikut dalam sebuah arisan yang waktunya diatur sedemikian rupa sehingga disaat membutuhkan dapat diambil.

Perasaan saya sangat teiris (ah...sok sosial kali ye...) beberapa hari ini dikarenakan ada dua orang tua yang datang dan bercerita tentang keadaan putranya yang tidak bisa melanjutkan sekolah dikarenakan belum adanya biaya.

Tentu saja perasaan menyesal terus mengganjal dikarenakan hal tersebut dapat diketahui setelah masa pendaftaran sekolah sudah ditutup. Bahkan aktivitas belajar mengajar sudah dimulai.
Seandainya jauh hari bisa dikatahui mungkin dapat berbagi pikiran untuk sharing mencari jalan keluar atas apa yang terjadi. Setidaknya kalau memang orang tuanya sudah tidak mampu membiayai dapat merekomendasikan untuk bergabung di sebuah Panti Asuhan yang penting sang buah hati dapat tetap bersekolah.

Memang penyesalan datangnya selalu belakangan tapi setidaknya ini menjadi sebuah pelajaran berharga untuk siapapun. Bagi orang tua yang merasa kurang mampu maka harus menyiapkan segala sesuatunya sejak sedini mungkin, dan bagi penggiat sosial untuk selalu lebih peka terhadap hal-hal yang terjadi dengan lingkungan sekitar.

0 komentar: