Minggu, 26 Februari 2012

Khotbah Penikahanku 03/11/2002 bag. II (tamat)

Khotbah Nikahku
03+Nopember 2002
Drs. Hasan Anwar
sambungan dari bagian I......

Nanda Siti Mutmainah yang berbahagia.
Alhamdulillah, dalam rambatan kedewasaan ananda, terbias pola kesederhanaan yang terpuji, berseri sebelum berdandan diri. Pada kerdip mata yang sayu, terpancar hati dan jiwa keibuan. Calon seorag ibu yang memiliki sikap pribadi yang terikat pada syariat, demi menjaga harkat da martabat. Engkau pandu sejati, pandu ibu pertiwi. Semboyanmu iklas Bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana, hati selalu gembira. Di sini senang disana senag, ditenga-tengah rimba dibawah kolong langit biru, tenda terpancang ditiup sang bayu hati tetap tenang, unggun menjilat jilat menerangi jagad raya bawa kelana rimba dalam kenangan.
Baca dan dengarkanlah dengan sayup-sayup suara merdu nan memecah keheningan malam, menggugah hati, bangun di malam sunyi, meski udara dingin menyengat diri, ambil air untuk bersuci lalu bertakbir, bersimpuh dan sujud bertahajjud mengadu kehadapan Illahi Robby, seraya memohon petunjuk, pertolongan, serta perlindungan dalam mengayuh biduk rumah tangga yang sedang nanda kayuh.
Biar Topan dan badai datang silih berganti biar petir menyambar biduk rumah tangga nanda yang sedang dikayuh Insya Allah Tuhan Robbul Izati akan memberikan bimbingan da pertolongan sehingga nada berdua selamat dalam mengayuh bahtera rumah tangga sampai ditempat berlabuh pantai bahagia, sejahtera,sakinah, mawadah warohmah.
Akhirnya sampailah pada penghujung khutbah nikah ini, perkenankan saya menyampaikan amanat kedua belah orang tua nanda mempelai berdua, berupa nasehat singkat kepada nanda berdua.
Anakku Siti Mutmainah dan Yasmidi keduanya yang sangat kami sayangi.
Perhatikanlah dan camkan nasehat ibu bapakmu dari kedua belah pihak:
Pertama : Anakku Yasmidi, jadillah engkau sebagai seorang suami yang dapat menegakkan kehidupan rumah tangga dengan berlandaskan syariat islam
Kedua: Anakku Siti Mutmainah
Jadilah engkau seorang istri yang taat dan hormat dengan tulus dan ikhlas kepada suamimu dalam pergaulan sehari-hari baik dihadapan maupun dibelakangnya. Sebagai seorang istri harus senantiasa bersikap sopan santun, berwajah manis, ramah tamah dan penuh percaya kepada suami nanda.
Jadilah engkau penghibur dikala suamimu sedang susah, menjadi penenang dikala suamimu sedang gelisah dan dapat membangkitkan harapan dikala suamimu sedang berputus harapan.
Renungkanlah petunjuk Allah dalam firmanNya :" Wanita yang soleh ialah wanita yang taat kepada Allah lagi memelihara diri dibalik pembelakangan suaminya"
Dan yang terakhir .
Ananda berdua Siti Mutmainah dan Yasmidi
Dalam mengayuh biduk rumah tangga nanda berdua , resailah sebuah kata-kata hikmah yang pernah dinasehatkan oleh seorang bijak Luman Al-hakim kepada putranya sebagai berikut: " Wahai anakku sesungguhnya dunia ini bagaikan samudera yang sangat dalam. Dan telah banyak manusia yang tenggelam didalamnya Maka jadikanlah perahumu didunia ini bertaqwa kepada Allah SWT, muatannya berupa iman dan layar bertawakkal kepada Allah. Barang kali dan mudah-mudahan engkau selamat, tidak tenggelam ke dalamnya dan aku yakin engkau akan selamat.
Para sesepuh yang kami mulyakan.
Ayyuhal ikhwan Rokimakumullah. Akhirnya teriring do'a untuk kedua mempelai

0 komentar: