Sabtu, 18 Februari 2012

Menjelang Wafatnya Rosulullah SAW Part II (habis)

Hari demi hari kondisi kesehatan rosulullah semakin menurut, demamnyapun kadang-kadang terasa tinggi hingga putri beliau Fatima dan istri beliau Aisyah bergantian mengkompresnya.

Dalam kondisi demikian nabi teringat kalau beliau masih mempunyai harta 7 (tujuh) dinar beliaupun memperintahkan Aisyah untuk mendermakannya namun dikarenakan sibuk merawat rosul sang istri lupa sampai kemudian Nabi Muhammad mengingatkan kembali Aisyah yang lupa dan sebelum mendermakan rosul meggenggam uang tersebut seraya berkata " Bagaimana jawaban Muhammad kepada Allah sekirannya aku menghadap Allah, sedang uang ini masih milikku". Lalu segera Aisyah mensedekahkannya.

Pada waktu para sahabat berkumpul nabi berwasiat agar sahabat-sahabat Muhajirin selalu menjaga dan berbuat baik kepada kaum Anshar dan berkenan memaafkan bila ada kesalahannya, dan senantiasa hidup rukun.

Hingga tibalah tanggal 12 Robiulawal 11 H dimana malaikat Izroil diutus Allah SWT untuk datang menjenguk nabi dan sekaligus minta ijin untuk mencabut nyawannya.
Sampai di dekat rosul malikat Izroil ditanya rosul kenapa datang sendirian dimana Jibril. Tak berselang lama Jibrilpun berada didekat nabi.

Saat itulah Jibril mengabarkan pada Nabiyullah Muhammad SAW bahwa beliau telah ditunggu sorga beserta kelengkapannya, pintu langit telah terbuka lebar dan para malaikat berbaris menunggu kehadirannya.

Namun ternyata rosul masih mengkawatirkan satu hal sebagaimana beliau tanyakan kepada Jibril" Alhamdulillah Jibril, namun sesungguhnya bukan itu yang aku tanyakan gembirakanlah aku dengan keadaan umatku pada hari kiamat nanti".
Jibril menjawab" Sesungguhnya diharamkan sorga bagi semua nabi sebelum engkau memasukinya terlebih dahulu. Allah juga mengharamkan sorga bagi sekalian umat sebelum umatmu terlebih dahulu memasukinya".

Barulah tenang hati rosul dan mengijinkan Izroil mencabut nyawanya.
Ketika ruh rosul sampai di dada beliau bersabda" Aku wasiatkan kepadamu agar kamu semua menjaga Shalatmu dan apa-apa yang telah diperintahkan kepadamu" ( dari Anas bin MAlik).

Demikian kisah menjelang wafatnya junjungan kita rosulullah Muhammad SAW semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Amiiin ya .. rabbalalamin.

0 komentar: