Rabu, 22 Februari 2012

Teggakan yang Wajib Langgengkan Satu Amalan Sunah

Saya haqulyakin bahwa diantara kita sekalian pasti pernah sowan kepada seseorang yang kita anggap dalam ilmu keagamaanya (kiai sepuh ). Tentu saja kedatangan kita kepada seseorang tersebut biasanya dikarenakan kita sedang memiliki hajat atau dalam keadaan sedikit masalah dengan keseharian kita. Harapannya sudah pasti agar kita mendapatkan jalan atau solusi atas keadaan yang sedang kita hadapi. Minimal ada amalan yang bisa menjadikan diri kita merasa lebih dekat dengan sang Kholiq sehingga dengan demikian permohonan kita bisa dikabulkan.

Sudah barang tentu beragam saran dan nasehat yang diberikan atas kedatangan kita tersebut meskipun problemnya sama akan tetapi saat datang kepada kiai satu dengan yang lainnya akan berbeda solusi yang coba disarankan.

Pertanyaannya kenapa bisa demikian?

Jawabanya: Bisa saja..

Saran atau nasehat yang diberikan tentu saja sesuai dengan kondisi perjalanan spiritual seseorang dikarenakan tidak samanya perjalanan spiritual tersebut maka berbedalah solusi yang coba ditawarkan.

Misalnya yang satu menyarankan melanggengkan Istigfar, yang lain mengistiqomahkan Sedekah bahkan ada yang mencoba senatiasa mengamalkan do'a-do'a para nabi ketika dilanda sebuah masalah dan Allah SWT dengan serta merta mengabulkan permohonannya harapanya apa yang coba diamalkan tersebut akan membuat Allah mengabulkan perohonannya sebagaimana yang dialami para Nabi.

Singkatnya menurut saya adalah bagaimana kita menjaga Tauhid kita kepada sang Kholiq sehingga membangun kepercayaan yang luar biasa pada diri kita bahwa kita yakin Allah akan mengabulkan atas semua permohonan kita.
Kepercayaan kita kepada Allah SWT akan terbina dengan baik apabila kita mampu mendekatkan diri kepadaNya dengan segenap jiwa raga kita..
Kemampuan mendekatkan diri kita ini tentu saja disebabkan karena kita mampu menselaraskan diri dengan segala aturan yang telah ditetapkan dengan kata lain bahwa kita mampu menegakkan atas kewajiban yang telah ditetapkanNya dan ambil serta langgengkan sebuah amalan sunah yang semakin memantapkan diri kita bahwa Allah selau dekat dengan kita.
Dengab begitu setelah kita merasa dekat dengan Allah maka keyakinan kita akan berbicara bahwa segala permohonan kita pasti akan dikabulkan olehNya.
Demikian semoga bermanfaat kata kuncinya adalah "TEGAKKAN YANG WAJIB LANGGENGKAN SATU AMALAN SUNAH"

0 komentar: