Senin, 13 Februari 2012

Ikhlas dulu atau Beramal dulu

Sering kita berbeda pendapat tentang ke dua kata ini khususnya dalam melakukannya mana dulu yang sebaiknya kita kerjakan.
Namun ada baiknya kita pahami dari pengertian dua kata tersebut.

AMAL merupakan perbuatan baik yang ditujukan untuk sesama agar dari perbuatan baik ini kita mendapatkan pahala atau ridlo dari sang Maha Kuasa yaitu Allah Tuhan semesta alam.

IKHLAS adalah pensucian / pembersihan maksud dan motivasi atas segala tindakan dan perilaku dalam rangka mengharap ridlo dariNya, Allah SWT, dengan mengesampingkan pengharapan balasan dari selain Allah SWT.

Nah, sekarang sebaiknya mana dulu yang kita kerjakan .

Coba kita bayangkan bahwa ketika Nelayan semakin banyak menebar jaring maka dengan sendirinya akan semakin banyak kemungkinan untuk mendapatkan ikan jauh lebih banyak dibandingkan pada saat beliau hanya memasang satu jaring.

Bisa kita ikuti logika tersebut diatas.
Maka..
Beramalah sebanyak-banyaknya, karena akan semakin terbuka lebar kemungkinan diantara amal yang banyak tersebut terselip amal yang ikhlas.

Intinya beramal tidak harus menunggu ikhlas dulu, awali beramal dengan keterpaksaan atau motivasi lain selain ikhlas maka, suatau saat ketika amalan tersebut menjadi sebuah kebiasaan disanalah kita tidak akan pernah berfikir lagi tentang amal perbuatan kita tersebut dan pada waktu itulah kita dapatkan nilai keikhlasan atas sebuah amal.

Satu keyakinan yang harus kita yakini bersama adalah bahwa Allah SWT Tuhan semesta alam ini tidak akan pernah luput mencatat setiap amal kita, meski sekecil apapun.

Semoga bermanfaat...

0 komentar: