Minggu, 21 Maret 2010

Yang harus aku lakukan

Ditengah-tengah keasyikan aku belajar dengan anak tersayang, aku teringat dengan puluhan tahun lalu ketika masih sekolah di SD. Kebetulan SDku di Lampung yang jarak dari rumah sekitar 6(enam) km dan harus aku tempuh dengan berjalan kaki karena kami memang tinggal dipelosok (1/2 hutan).

Aku masih teringat dengan beberapa pesan guru terutama dengan Bapak Kepala Sekolah, Pak Teguh namanya. Perawakan beliau tidak terlalu besar tapi sangat berwibawa dengan sedikit kumis melintang menambah seram setiap ,murid yang melihatnya.
Motor trail Honda senantiasa menemaninya berangkat kesekolahan dan masih jelas diingatku setiap Kamis beliau mengumpulkan siswa kelas 4 untuk berlatih dan menghafalkan lagu-lagu kebangsaan dan daerah mungkin dalam rangka menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini kepada kami

Pesan yang sangat berkesan adalah " Anak-anak, kalian harus jadi orang yang berguna bagi agama dan lingkungan, dalam keadaan apapun, dan untuk memulai menjadi orang yang berguna maka mulai sekarang setiap hari kalian harus mendapatkan ucapan terimakasih sebanyak minimal 7 kali dari temen atau siapa saja dalam sehari?" perintah beliau.

Pada saat itu kami menanggapinya dengan senantiasa meremehkan" terimakasih, terimakasih, terimakasih....." begitu kami sering berucap ketika bertemu teman.
Tetapi dengan kewibawaan penuh Pak Teguh ini terus mengulang setiap kali bertemu tentunya dalam rangka membetuk mindset kami. Pesan yang sangat sederhana namun sangat mengena

Dan apa yang beliau harapkan ini mungkin berhasil pada diriku minimal aku masih terus mengingat pesan itu meski sudah puluhan tahun kami tidak bertemu, kabar terakhir yang aku dengar beliau menjadi kepala sekolah SMP di Daerah Tanggamus Lampung.

Saat ini adalah menjadi tugasku, yang sudah menjadi bapak dari seorang anak untuk bisa menanamkan nilai - nilai luhur pada anak-anakku sehingga anak-anaku nanti bisa mensorgakan orang tuanya berguna bagi agama dan bangsa. Amiin.

0 komentar: