Sabtu, 01 September 2012

Bersimpati dan Berempatilah pada Warga sekitar Kita

Sepeninggal salah satu jamaah di tempat kami (masjid jami'jatisari BSB Mijen)biasa mengaji dan berkumpul untuk membahas berbagai hal, ternyata mengilhami untuk berdirinya sebuah lembaga penggali dan penyalur ZIS (rumah zakat).

Sebenarnya ide pendirian rumah zakat ini sendiri sudah bukan barang baru sering dilontarkan oleh beberapa jamaah termasuk saya.Namun karena satu dan lain hal maka baru saat inilah terwujud secara resmi sebuah lembaga Pengumpul dan Penyalur ZIS yang berinduk pada Masjid Jami' yang saat ini sedang di bangun.
Meskipun kelengkapan organisasi belum secara sempurna terpenuhi namun pada prinsipnya para penggiat jamaah pengajian dan penggiat sosial yang berkumpul malam ini menyetujui untuk sesegera mungkin melakukan action-action nyata dalam masyarakat.
Dari berbagai masukan yang dapat diinventarisir pada malam ini ternyata begitu besar dana sosial yang diberikan oleh warga perumahan untuk panti asuhan /ponpes disekitar perumahan.

Namun ironisnya masih ditemukan juga warga perumahan sendiri yang pada saat tertentu memerlukan uluran tangan dari warga lain yang sedang dalam berkecukupan. Bidang kesehatan dan pendidikan adalah hal yang sangat riskan timbul.Beberapa waktu lalu kami berhasil menjebatani warga yang hampir putus sekolah dan dapat kembali bersekolah juga termasuk warga yang mengalami gangguan kesehatan namun akhirnya Allah berkehendak lain.
Kriteria untuk mendapatkan segera bantuan dari pemerintah kadang-kadang m enyulitkan warga perumahan. Sebagai misal ada seseorang warga perumahan yang kebetulan mengalami gangguan kesehatan dan harus segera dibawa ke RS serta harus mendapatkan tindakan medis yang maksimal namun dikarenakan kekurangan biaya dikarenakan kondisi perekonomian keluarga yang sedang drop kurang mendapatkan pelayanan yang memadai.
Ketika mencoba mengurus surat keterangan kurang mampupun tidak semudah yang dibayangkan, karena harus kesana-kemari.
Tidak salah karena ini memang prosedur namun batasan waktu dari RS yang hanya 2X 24 jam tentu saja menjadikan kendala tersendiri bagi sang pencari surat.Maka dari itulah harus ada sebuah lembaga yang sudah secara profesional menangani keluhan-keluhan warga dan inilah yang memicu kami untuk segera membuat karya nyata dalam bidang kepedulian sosial yang tetap dibingkai dalam koridor nilai-nilai religiusitas.

Semoga ikrar berdirinya lembaga rumah zakat malam ini dapat bermanfaat bagi semua umat dan semuanya diberkaji ALLAH SWT. Amiin

0 komentar: