Kamis, 30 Agustus 2012

Waktu Terus Berjalan

Bak kaget tersadar dari tidur panjang rasanya ketika mendapatkan telpon dari seorang temen yang mengundang untuk hadir dalam upacara ujian terbuka Doktor , sabtu besok di kampus pascasarjana IAIN Semarang.
Tersadar karena ternyata dalam kurun waktu 3 tahun seseorang bisa mengubah apa saja jalan hidupnya sesuai dengan usaha dan do'a yang senantiasa diistiqomahi.
Tentu saja bukan hanya perubahan yang positif atau negatif saja yang bisa terjadi namun tetap tak berubah sekalipun(stagnan) bisa saja terjadi.
Dan kemungkinan inilah yang aku alami.
Baru sadar ternyata dalam 3 tahun sudah banyak para sahabat, rekan kerja, tetangga yang melesat jauh berubah lebih baik. Baik dari sisi pendidikan , ekonomi ataupu kadar keimanan dan lain sebagainya.
Mencoba membuat sebuah Planning Life Berkala sebenarnya sudah dilakukan mungkin evaluasi serta progres report yang harus lebih diintensifkan lagi. Sehingga perubahan-perubahan yang menuju ke arah positif bisa segera terealisasikan dan kalaupun belum bisa segera berubah, melalui evaluasi (muhasabah diri) dapat mengidentifikasi problem yang ada dan secepat mungkin mendapatkan problem solving.
Sadar betul sebenarnya dengan peringatan rosul bahwa yang hari sama dengan kemarin adalah yang merugi, apalagi yang hari ini lebih buruk dari kemarin maka digolongkan yang celaka sementara yang sukses adalah yang hari ini lebih baik dari kemarin.
Akhirnya selamat di wisuda saudara/sahabatku DR. Nashiruddin,MA.
Semoga apa yang telah jenengan kerjakan mengispirasi banyak orang dalam bidangnya masing-masing.

0 komentar: