Jumat, 14 Oktober 2011

Pokok'e Ora Ilok

Tentu saja kita masih ingat betul saat dulu orang tua kita melarang ketika kita melakukan sesuatu dikarenakan dengan alasan yang tidak jelas " Pokoke Ora Ilok"

Kalau kita renungkan apa yang dilakukan para sesepuh kita dalam rangka menanamkan nilai-nilai kebaikan ini begitu berhasil, sampai dengan tanpa alasan jelaspun secara turun temurun kita patuhi norma-norma tersebut meski sedikit demi sedikit nilai luhur ini mulai terkikis.

Ada baiknya seandainya kita bisa memulai menanamkan sesuatu kepada anak,cucu kita yang akan diingat secara turun temurun tentu saja lebih cenderung pada nilai - nilai religiusitas. Misalnya mebiasakan berdo'a saat akan mengerjakan sesuatu, kalau tidak berdo'a nanti setan akan bisa ikut dalam kegiatan kita tersebut. Contoh Makan kalau tidak awali dengan do'a maka setan akan turut mengkonsumsi sari makanan yang kita makan, contoh lain tidur seadainya tidak diawali dengan berdo'a bisa jadi tidur kita akan diganggu setan dengan bermimpi bertemu atau yang lainnya.
Memang ada kesan sedikit ancaman yang kita selipkan tapi inilah yang biasannya akan menjadikan norma-norma tersebut menjadikan kebiasaan.

0 komentar: