Rabu, 12 Oktober 2011

Jalan Menuju Ketaqwaan untuk meraih Rahmatullah

Ketaqwaan adalah derajat tertinggi dihadapan Allah SWT bagi kita sebagai umat islam. Karena dengan bertaqwa inilah apa saja yang kita butuhkan akan dikabulkan Oleh Allah SWT bahkan sorganya Allahpun akan diberikan kepada kita tentunya karena dengan bertaqwa inilah Allah SWT akan menurunkan rahmatNya.
Ada beberapa jalan yang bisa kita perhatikan untuk bisa menggapai ketaqwaan ini.

1. Muhasabah
Pada tahap ini kita diajak untuk senantiasa mengevaluasi diri sehingga hasil dari evaluasi adalah peningkatan kualitas dari setiap sesuatu yang terjadi dalam diri kita. Termasuk kadar keimanan kita.
QS: Al-Hasyr: 18 dan kisah bagaimana Umar bin khatab menyuruh kepada kita untuk menghitung diri , menimbang amal karena sesuatu tidak ada yang bisa kita sembunyikan.

2. Mu'ahadah
Kembali mengingat janji janji kita kepada Allah SWT. Dengan demikian hati kita senantiasa terikat dengan aturan yang ditentukan oleh Allah SWT. Setiap kita dalam sholat senanatiasa berjanji bahwa" Hanya Allah yang kita sembah dan hanya Allah tempat kita memohon" tp bagaimana perilaku dalam keseharian kita.
QS: Alfatihah: 5 dan QS: Al An an : 162.

3. Mujahadah
Bersungguh-sungguh dengan segala sesuatu aoalagi dengan Allah SWT. Sehingga nilai ibadah kita tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban semata.
QS: Al Ankabut: 69

4. Muroqabah
Merasakan bahwa segala aktivitas kita diawasi oleh Allah SWT. Sehingga setiap perbuatan, gerakan, tingkahlaku, dan bisikan hati kita senantiasa tergantung kepada Allah SWT.
QS: An-Nisa: 1, QS: Al-Infithor: 10-12, QS: Qaaf: 18, QS: Al-Hadid: D.

5. Mu'aqobah.
Memberikan sanksi atas pada diri sendiri atas khilaf yang dilakukan.
Misalnya, Lupa tidak sholat Tahajud imbangi dengan bersedekah.
Demikian semoga bermanfaat dalam kita meniti ketaqwaan.

0 komentar: