Sabtu, 19 April 2014

Satu Problem Datang Membawa Lima Jalan Keluar

Luarr.....biasa, tiga tahun lalu sahabatku ini sebut saja namanya mas Iwan hampir setiap ba'da magrib atau ba'da isya senantiasa mengajakku   berdiskusi kecil untuk beberapa waktu lamanya. Tema utama yang terus kami bicarakan adalah tentang keinginannya untuk berganti pekerjaan atau profesi yang selama ini telah beliau geluti. Tentu saja aku hanya bisa menanyakan kira-kira 3 kegiatan apa yang sudah disiapkan minimal untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluargannya. Yang terus beliau sampaikan adalah berdagang dan berdagang sama sekali tidak ada keinginan untuk menjadi karyawan. Tidak lupa aku juga menanyakan seberapa besar suport yang diberikan oleh keluarganya (istri dan anak-anaknya). Beliaupun menjawab insya Allah siap. 
Untuk menambah kekuatan batin kami, maka hal inipun kami sampaikan kepada salah satu ustdaz dimana biasa kami menimba ilmu selama ini. Alhamdulillah ustadz yang sangat saya hormati karena kesederhanaan dan keistiqomahan dalam berdakwah inipun dengan bersemangat mendukung dan menambah keyakinan dengan berulang-ulang menyampaikan bahwa setiap kita mau berusaha pasti Allah akan berikan hasilnya. Tapi proses harus dijalani dengan benar dan baik serta penuh tanggungjawab.
Tidak lebih selang 2 bulan keluarlah beliau dan mulailah merintis usaha es lilin. Bertepatan dengan musim panas es lilinpun berjalan. Sisi lain yang membuat aku kagum adalah tidak malunya beliau dalam berusaha untuk mencari nafkah meski harus berjualan es Lilin padahal beliau adalah lulusan sebuah Perguruan Tinggi terkemuka dari Yogyakarta. Singkat cerita beberapa usaha terus beliau coba dan saat ini sudah memproduksi syrup jahe dan madu meski dengan peralatan produksi yang untuk hitungan home industri masih terbilang sederhana tapi produknya sudah cukup dikenal di Semarang. Hal ini juga tidak lepas dari buah tangan dingin salah seorang sahabat kami yang bernama pak Sis sang pemilik RM Kampoengrasa.

Kenapa di awal aku tulis kata Luar Biasa ..... yeah ...karena kalau dulu kami sharing yang banyak meminta saran adalah beliau tapi berbeda situasinya dengan ba'da magrib malam ini justru beliaulah yang banyak menceritakan tentang  Problem Solving atas berbagai masalah yang timbul dalam kehidupan kita.
Dengan berjalannya waktu dan pengalaman menciptakan pekerjaan setelah keluar dari status karyawan menjadikannya mampu menginventarisir berbagai prolem lalu berusaha mencari jalan keluarnya.
Yang istimewa juga ternyata beliau saat ini sudah mengkaryakan orang-orang disekitarnya untuk ikut bergabung dalam team produksinya.

Diakhir perbincangan kami beliaupun sampaikan bahwa setiap satu masalah pasti membawa minimal lima jalan keluar tinggal mana yang kita pilih untuk dapat disesuaikan dengan kadar dan kemampuan kita.

Subhanallah semoga Allah senantiasa melindungi dan melancarkan rejekinya. Aamiin.

0 komentar: